Tahun 2014 sudah berakhir dan sekarang memasuki tahun baru yaitu tahun 2015.Tahun 2015 tentu menjadi momen momen yang tepat untuk membuat dan menyusun harapan-harapan baru bagi semua orang,dan juga para pembisnis Online.memasuki tahun 2015 dunia internet tentu akan tetap sibuk bahkan mungkin akan lebih sibuk lagi dengan perkembangan teknologi dan strategi internet marketing.
untuk menghadapi perkembangan teknologi dan dunia internet, sebagai pembisnis online kita tentu mempelajari berbagai tren online marketing yang akan menjadi tren di tahun 2015. berbagai tren online marketing tersebut antara lain :
1. Akses Mobile Semakin Diminati
Perkembangan teknologi smartphone membawa pengaruh yang sangat besar bagi pengguna berbagai akses konten secara mobile.Berbagai aplikasi mobile mulai disiapkan oleh berbagai perusahaan
teknologi sebagai langkah untuk menuju akses mobile yang lebih user
friendly dan mudah dijangkau. Bahkan perusahaan teknologi sebesar Google juga sudah menyiapkan aplikasi yang mobile friendly bagi seluruh pengguna teknologi di dunia.terlebih lagi aksess mobile sangat mudah di pakai dan akses mobil bisa di gunakan dan diakses di mana saja.
2. Pertumbuhan Konten Marketing yang Pesat
Berdasarkan studi yang dilakukan oleh
B2B Content Marketing Benchmark, diperkirakan konten marketing secara
online akan mengalami pertumbuhan pesat bila dibandingkan dengan tahun
2014. Berbagai konten marketing berformat audio visual, konten informasi
visual dan jenis konten lainnya akan dikembangkan sebagai upaya
marketing modern berbasis teknologi.
3. Media Ssosial Jadi Bagian Penting dari Marketing
Pada pertengahan periode 2014, Facebook
memperoleh laporan tentang adanya kenaikan pendapatan yang 10% nya
berasal dari fitur pemasangan iklan. Hal ini juga menjadi salah satu
indikasi bahwa teknologi #media sosial
semakin berkembang dan menjadi bagian penting dari proses marketing
secara online. Tak mengherankan bila berbagai media sosial mulai
memperbaharui fitur-fitur pemasangan iklan untuk menarik perhatian
sejumlah brand bisnis modern.
4. Hubungan Antara Media Sosial, SEO, dan Konten Marketing
SEO
(Search Engine Optimization) akan semakin dilirik sebagai bagian dari
upaya pemasaran online. Melakukan proses online marketing
membutuhkan bantuan dari SEO yang tepat dalam hal penggunaan kata kunci,
meta description, penggunaan indeks, dan berbagai hal teknis lainnya.
Penggunaan SEO yang tepat dan efektif akan membuat proses online
marketing akan berlangsung lebih lancar dan mampu menarik keingintahuan
para pengguna internet.
5. Marketing via Email Akan Mengalami Pembaharuan
Untuk meningkatkan efektivitas
penyampaian pesan kepada calon pelanggan, sejumlah brand bisnis modern
akan mulai memperhatikan penggunaan email sebagai sarana marketing yang
sifatnya lebih privasi. Penyampaian upaya marketing melalui email akan
membuat para pengguna internet tertarik untuk mempelajari produk yang
sedang ditawarkan. Salah satu cara praktisnya yakni dengan menyertakan
file PDF sebagai lampiran email yang akan dikirimkan.
6. Interaksi dengan Pengguna Sosmed akan Berlangsung Secara Alami
Kemunculan media sosial akan membuat
berbagai brand bisnis modern menjadi terpacu untuk melakukan interaksi
dengan para pengguna internet secara lebih intensif dan akrab. Karena
brand yang mampu berkomunikasi secara efektif dengan para pengguna media
sosial lebih mampu mempercepat pertumbuhan brand dan membuat para
pengguna media sosial berkeinginan untuk menjadi pelanggan bisnis.
Fenomena ini kemudian membuat brand
bisnis modern berlomba-lomba untuk menjalin komunikasi yang sifatnya
akrab dengan para pengguna media sosial. Sehingga jasa para social media
buzzer sangat dibutuhkan untuk menghadapi tren online marketing ini.
7. Marketer Akan Membuat Cara Promosi Menjadi Lebih Halus dan Natural
Berpromosi memang menjadi tugas tim
online marketing, namun perlu diingat bahwa tak semua pengguna internet
menyukai aksi promosi yang sifatnya terlalu terang-terangan dan
berlebihan. Hal ini secara tak langsung akan mendorong para pelaku
online marketing untuk membuat upaya promosi yang lebih halus dan
natural untuk menarik minat para pengguna internet. Salah satu upaya
konkret yang mulai ditempuh oleh para penggiat online marketing adalah
mengimbangi jumlahposting antara konten yang bersifat informatif dengan
konten yang bersifat promosi.
0 komentar:
Posting Komentar